Senin, 01 Februari 2016

Contoh RPP Bimbingan Konseling (Micro Teaching)

MICRO TEACHING
RPL. BIMBINGAN DAN KONSELING
OLEH :
A.A. Bagus Dwi Dharma Putra
(2015.I.1.0014)


PROGRAM STUDU BIMBINGAN KONSELING
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(IKIP) PGRI BALI
2015 /2016






RPL BIMBINGAN DAN KONSELING

1.     Materi atau Topik Bahasan              : Prestasi belajar           
2.     Bidang Bimbingan                                      : Belajar
3.     Fungsi Layanan                                : Pemahaman
4.     Sasaran Layanan                              : Kelas VII
5.     Tempat Penyelenggaraan                            : di Kelas
6.     Waktu penyelenggaraan                    : 1 x 45 menit
7.     Pihak-pihak yang dilibatkan             : Wali kelas dan teman BK
8.     Metode                                              : Ceramah,Diskusi
9.     Tujuan layanan                                 : Siswa mampu memahami tentang                                                               cara belajar efektif dan efisien
10.                        Uraian kegiatan/scenario                            :
a.     Kegiatan pendahuluan             : Mengucapkan salam, mengecek                                                        kehadiran Siswa, menyampaikan                                                     kepada siswa tentang kegiatan yang                                                           akan dilakukan
b.     Kegiatan inti                            :
1.     Berpikir                              : siswa mampu untuk berpikir mengenai                                       masalah belajar efektif yang akan                                               dipecahkan
2.     Merasa                      : siswa merasa senang dalam kegiatan                                                    tersebut
3.     Bersikap                             : siswa berperan aktif mengeluarkan ide-ide                                            dalam kegiatan yang berlangsung
4.     Berbuat                     : siswa melakukan komunikasi verbal dan                                             non verbal pada saat proses kegiatan diskusi                                       tersebut
5.     Bertanggung jawab   : siswa mampu mengerjakan tugas dan                                         tanggung jawab yang diberikan

c.      Kegiatan penutup           :
1.     Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
2.     Guru menyimpulkan semua materi yang dibahas
3.     Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan kesan siswa tentang pelaksanaan kegiatan tersebut
11.                        Sumber /bahan dan alat           : cara belajar efektif dan efisien/papan                                                         tulis, sepidol, buku tulis
12.                        Rencana penilaian                             :
- Proses                : Semua anak antusias dalam                                                              mengikuti kegiatan      
- Laiseg                 : Semua anak aktif dalam kegiatan                                                    tersebut
- Laijapen             : Adanya perubahan perilaku belajar                                                           pada anak yang kita amati bersama                                                           dengan guru mata pelajaran beberapa                                              bulan kedepan
- Laijapan             : Siswa dapat meningkatkan prestasi                                                           belajarnya untuk semester berikutnya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar